11 Mei 2012

Guru Ideal = Guru Idaman


Pendidikan adalah salah satu aspek yang sangat berpengaruh dalam pembangunan bangsa, karena pendidikan berfungsi untuk mencetak SDM ( Sumber Daya Manusia). Pendidikan merupakan hal yang perlu diperoleh oleh setiap warga,melalui pendidikan seseorang dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya.

 Keberhasilan pendidikan tidak terlepas dari peranan seorang pendidik atau lazim kita panggil guru. Sosok guru merupakan hal paling utama bagi keberhasilan system pendidikan. Bahkan salah satu indikator utama unggul tidaknya sebuah sekolah adalah ditentukan dari faktor mutu guru. . Padalah guru juga memiliki tanggungjawab dalam memodifikasi proses integrasi dan optimalisasi sistem pendidikan di sekolah.
Guru juga merupakan pelaku  perubahan. Hal ini terkait dengan fungsi pendidkan sebagai aspek yang berpengaruh dalam pembangunan. Guru tidak hanya pelaku perubahan yang menggerakkan roda transformasi sosial dalam masyarakat. Lebih dari itu, guru memiliki peranan utama sebagai pendidik karakter suatu masyarakat. Bukan sekedar mengubah hidup siswa, namun juga memperkokoh kepribadian siswa yang memiliki nilai-nilai sebagaimana yang diharapkan dalam masyarakat.
Guru mempunyai peranan yang sangat besar,oleh karena dibutuhkan sosok guru yang ideal agar sitem pendidkan di Indonesia menjadi lebih baik ,membentuk kepribadian dan karakter peserta  didik yang baik serta berhasil mencetak SDM ( Sumber Daya Manusia) yang berkualitas sehingga bangsa Indonesia mempunyai tonggak dasar untuk melakukan pembangunan secara optimal. Guru ideal merupakan dambaan setiap peserta didik. Guru ideal adalah guru yang bisa menjadi panutan dan menjadi contoh keteladanan bagi peserta didiknya. Guru ideal adalah guru yang menguasai materi yang disampaikan,tidak hanya menghafal atau terpaku dengan buku pegangannya, sehingga peserta dapat menangkap dan memahami materi yang disampaikan olehnya. Cara mengajar seorang guru juga mempengaruhi peserta didik dalam memahami. Jika seorang guru cara mengajarnya monoton dan tidak kreatif maka akan menyebabkan peserta enggan untuk mendengar apa yang diajarkan. Sehingga peserta didik tidak akan mendapat ilmu.
            Seorang guru ideal jupa perlu belajar dari peserta didiknya. Ini bertujuan agar guru dapat mengetahui kekurangannya baik dalam materi,cara penyampaian,atau apapun dari peserta didiknya,sehingga guru itu bisa memperbaikinya

0 komentar:

Posting Komentar