11 Mei 2012

Makalah : Dasar-Dasar Pendidikan I



TUGAS
DASAR – DASAR PENDIDIKAN



Disusun Oleh :
                                                              Dwi Putri Sabariasih
K2311022 / A
Pendidikan Fisika

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011



1.        Mengapa para calon pendidik di bekali ilmu dasar – dasar pendidikan
2.        Bedakan pendidikan yang dilakukan oleh manusia dan hewan. Dan apa yang menjadi perbedaan antara manusia dan hewan?
Ada perbedaan yang cukup signifikan antara pendidikan hewan dan manusia, manusia ada pendidikan intelektual, etika dan estetika, sedang hewan tidak ada. Dan juga pada kemampuan manusia untuk merasa, untuk mencintai dan dicintai, nilai-nilai moral, apalagi karena ide-ide kreatif manusia dan kebutuhan manusia untuk berkelompok sebagai mahluk sosial.
Perbedaan utama adalah kemampuan menciptakan dan menggunakan perkakas, manusia adalah mahluk dengan perkakas, tanpa menggunakan perkakas sudah lama manusia terhapus dari ekosistem dibumi. Kemampuan menerapkan teori menjadi sesuatu yang praktis.
 Manusia makhluk beragama. Dengan agama manusia menemukan dan mengabdi kepada Tuhan dengan benar. Dengan agama hidip manusia menjadi bermakna.
 Pendidikan pada hewan yakni monoton sama, anak dengan induknya, kerena hewan pendidikanya melalui insting sedangkan manusia adalah dengan akal yang selalu berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Lagi pula tidak ada manusia yang kawin dengan induknya, namun hewan kawin dengan induknya adalah biasa, karena pendidikan pada hewan tidak ada pendidikan moral.  Jika hewan di kawinkan dengan induknya merupakan hal yang biasa bahkan wajib untuk memeper cepak proses perkembangbiakan kambing. Terutama ketika anaknya menjadi pejantan yang sangat berkualitas, tubuhnya besar, tahan terhadap penyakit, perkemabangnya cepat besar, justru akan di kawinkan dengan induknya agar menghasilakan bibit atau keturunan yang lebih baik lagi. Apabila ada manusia yang kawin dengan ibunya berarti dia sama dengan hewan.
Proses pendidikan yang ada di manusia juga cukup lama dan membutuhkan orang lain, karena manusia dilahirkan dengan kondisi lemah, tanpa bantuan dia tidak bisa hidup. Baru lahir saja sudah butuh suster untuk merawatnya, di saat agak besar butuh seorang guru dan lembaga sekolah untuk mendidik dan mengarahkanya di samping peran orang tua yang cukup penting (urgen). Sedangkan pada hewan hanya cukup satu induknya saja dan proses pendidikan yang terjadi hanya beberapa bulan atau sekedar beberapa waktu, bahkan ada hewan yang sama sekali tidak di didik oleh induknya, mereka sudah bisa bertahan hidup dan berkembangbiak. Anak-anak hewan sudah bisa hidup mandiri, tapi pada manusia butuh bertahun-tahun untuk bisa bertahan hidup bahkan ketika menikah dan berkeluarga masihsangat bergantung pada bantuan orang tua.
Butuh usaha ekstra dan lebih untuk mendidik manusia, kerana banyaknya potensi-potensi manusia yang perlu di bibimbing dan kembangkan serta kecenderungan manusia melakukan perkara yang negatif. Terkadang meskipun sudah dibimbing dan di didik ekstra sampai menyekolahkanya kesan- kemari dengan biaya yang besar serta di rumah di awasi dan didik juga, ternyata masih melakukan keburukan dan belum sesuai dengan pendidikan yang diinginkan.
Manusia harus bekerja,

3.        Pendidikan itu digunakan untuk mengembangkan apa saja bagi ndividu manusia?

4.        Apakah yang disebut system? Dan terangkan system yang dilakukan dalam bidang pendidikan!
Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu atau adalah suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atau elemen yang saling berinteraksi, saling terkait, atau saling bergantung membentuk keseluruhan yang kompleks.

0 komentar:

Posting Komentar