11 Mei 2012

Inovasi Pendidikan Berbasis ICT di Indonesia


Indonesia telah merdeka selama 67 tahun. Walaupun begitu, pembangunan masih sangat perlu dilakukan di berbagai bidang dan aspek. Karena Negara kita telah dieksploitasi selama berabad-abad saat bangsa lain menjajah bangsa Indonesia. Tidak heran kita membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk membangun Negara ini.
Salah satu bidang yang  sangat perlu mendapat perhatian lebih dan perbaikan adalah bidang pendidikan. Pada saat penjajahan rakyat Indonesia di larang atau tidak mendapat pendidikan. Hanya orang-orang tertentu saja yang boleh bersekolah,contohnya adalah anak dari para pejabat daerah,itupun tidak semua anak dari pejabat daerah bias bersekolah. Padahal pendidikan sangat penting karena hal ini berkaitan dengan kualitas SDM. Pembangunan dapat berlangsung lebih baik jika ditunjang dengan ekonomi yang stabil dan SDM yang berkualitas. Oleh karena itu pendidikan sangat penting bagi pembangunan suatu bangsa.
Pada saat ini pendidikan sudah bisa diperoleh oleh rakyat Indonesia, bahkan  daerah terpelosok pun sudah ada instansi pendidikan. Walaupun masih banyak instansi pendidikan yang belum memenuhi standar sekolah yang layak digunakan,baik dari fisik bangunan maupun kualitas pengajarnya, dan masih ada penduduk yang belum bisa menyekolahkan anaknya karena faktor-faktor tertentu. Akan tetapi secara umum pendidikan di Indonesia sudah bisa di peroleh dengan mudah.
Di Indonesia,kebanyakan instansi pendidikan masih menggunakan metode pembelajaran lama yaitu mengahafal,  karena menggunakan metode menghafal,maka para peserta didik hanya akan terpaku pada apa yang di hafalkan,jika suatu saat di hadapkan pada persoalan yang sedikit berbeda,maka mereka akan kesulitan untuk memecahkan masalah karena mereka tidak terbiasa untuk memahami masalah dan mencari solusi suatu masalah. Selain itu mereka hanya mengandalkan materi yang disuguhkan oleh pengajar,sehingga mereka hanya mengetahui pengetahuan yang terdapat pada buku pegangan yang dianjurkan oleh pengajarnya. Mereka tidak berusaha untuk mencari referensi dan sumber belajar yang lain.
Salah satu hal yang dapat mempermudah akses untuk mendapatkan referensi dan sumber belajar adalah dengan menggunakan ICT ( Information  Comunication and  technology). Walaupun atmosfir ICT telah di kenal di Indonesia sejak dekade 1990, akan tetapi penerapan ICT dalam bidang pendidikan belum sepenuhnya di kenal oleh para pelaku pendidikan. Daerah terpencil belum terlalu mengenal apa itu ICT dan apa fungsi ICT  bagi kehidupan sehari-hari.
ICT sangat membantu dalam bidang pendidikan, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi akan membuat proses belajar mengajar menjadi efektif,efisien. Para peserta dapat memperoleh materi pelajaran yang beraneka ragam,mereka bias mendapat ilmu pengetahuan yang belum pernah mereka dapat di sekolahan,dapat mengetahui berita terkini di seluruh dunia hanya dengan mencarinya di internet.  
Dengan menggunakan ICT,seorang pengajar tidak harus memberikan materi atau pengajaran kepada muridnya dengan bertatap muka. Pengajar bisa memberikan materi dan tugas yang harus dikerjakan oleh muridnya melalui email atau jejaring social yang sedang marak-maraknya seperti facebook,twitter,dll. Dan murid pun bias mengumpulkan tugasnya melalui email,twitter,facebook.
ICT mempunyai manfaat yang sangat membantu manusia memperlancar pekerjaan,membuat nyaman seseorang dalam mengakses segala informasi. Contohnya, seseorang ingin mengetahui,mengenal budaya dari daerah lain,atau bahkan Negara lain. Orang tersebut tidak perlu pergi langsung menuju daerah tersebut, ia hanya perlu membuka internet,kemudian mengetikan keyword,tunggu sebentar,dan ia pun langsung mendapatkan apa yang diinginkannya.
Walaupun ICT mempunyai banyak manfaat,tentu ada pula kelamahan atau sisi buruk yang ditimbulkan. Kita ambil contoh internet, melalui internet semua informasi, baik itu informasi yang baik ataupun buruk semua tersedia. Oleh karena itu kita harus pintar untuk memilah mana informasi yang baik,mana informasi yang buruk. Apalagi anak- anak,mereka harus di awasi dalam penggunaan internet, terkadang karena rasa penasaran yang mereka miliki,mereka akhirnya membuka webweb yang seharusnya tidak ditonton oleh anak seusia mereka. Hal inilah yang menyebabkan dijumpainya tindak criminal,pornografi yang dilaukan oleh anak-anak di bawah umur.
Ini merupakan tugas dan PR kita bersama, bagaimana memasyarakatkan ICT untuk mempermudah kehidupan,tapi juga harus mengantisapasi penyalahgunaan ICT yang akan berakibat buruk,

0 komentar:

Posting Komentar