Indonesia telah merdeka selama 67
tahun. Walaupun begitu, pembangunan masih sangat perlu dilakukan di berbagai
bidang dan aspek. Karena Negara kita telah dieksploitasi selama berabad-abad
saat bangsa lain menjajah bangsa Indonesia. Tidak heran kita membutuhkan waktu
yang tidak sedikit untuk membangun Negara ini.
Salah satu bidang yang sangat perlu mendapat perhatian lebih dan
perbaikan adalah bidang pendidikan. Pada saat penjajahan rakyat Indonesia di
larang atau tidak mendapat pendidikan. Hanya orang-orang tertentu saja yang
boleh bersekolah,contohnya adalah anak dari para pejabat daerah,itupun tidak
semua anak dari pejabat daerah bias bersekolah. Padahal pendidikan sangat
penting karena hal ini berkaitan dengan kualitas SDM. Pembangunan dapat
berlangsung lebih baik jika ditunjang dengan ekonomi yang stabil dan SDM yang
berkualitas. Oleh karena itu pendidikan sangat penting bagi pembangunan suatu
bangsa.
Pada saat ini pendidikan sudah
bisa diperoleh oleh rakyat Indonesia, bahkan daerah terpelosok pun sudah ada instansi
pendidikan. Walaupun masih banyak instansi pendidikan yang belum memenuhi
standar sekolah yang layak digunakan,baik dari fisik bangunan maupun kualitas
pengajarnya, dan masih ada penduduk yang belum bisa menyekolahkan anaknya
karena faktor-faktor tertentu. Akan tetapi secara umum pendidikan di Indonesia
sudah bisa di peroleh dengan mudah.
Di Indonesia,kebanyakan instansi
pendidikan masih menggunakan metode pembelajaran lama yaitu mengahafal, karena menggunakan metode menghafal,maka para
peserta didik hanya akan terpaku pada apa yang di hafalkan,jika suatu saat di
hadapkan pada persoalan yang sedikit berbeda,maka mereka akan kesulitan untuk
memecahkan masalah karena mereka tidak terbiasa untuk memahami masalah dan
mencari solusi suatu masalah. Selain itu mereka hanya mengandalkan materi yang
disuguhkan oleh pengajar,sehingga mereka hanya mengetahui pengetahuan yang
terdapat pada buku pegangan yang dianjurkan oleh pengajarnya. Mereka tidak
berusaha untuk mencari referensi dan sumber belajar yang lain.
Salah satu hal yang dapat
mempermudah akses untuk mendapatkan referensi dan sumber belajar adalah dengan
menggunakan ICT ( Information Comunication
and technology). Walaupun atmosfir ICT
telah di kenal di Indonesia sejak dekade 1990, akan tetapi penerapan ICT dalam
bidang pendidikan belum sepenuhnya di kenal oleh para pelaku pendidikan. Daerah
terpencil belum terlalu mengenal apa itu ICT dan apa fungsi ICT bagi kehidupan sehari-hari.
ICT sangat membantu dalam bidang
pendidikan, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi akan membuat proses
belajar mengajar menjadi efektif,efisien. Para peserta dapat memperoleh materi
pelajaran yang beraneka ragam,mereka bias mendapat ilmu pengetahuan yang belum
pernah mereka dapat di sekolahan,dapat mengetahui berita terkini di seluruh
dunia hanya dengan mencarinya di internet.
Dengan menggunakan ICT,seorang
pengajar tidak harus memberikan materi atau pengajaran kepada muridnya dengan
bertatap muka. Pengajar bisa memberikan materi dan tugas yang harus dikerjakan oleh
muridnya melalui email atau jejaring social yang sedang marak-maraknya seperti
facebook,twitter,dll. Dan murid pun bias mengumpulkan tugasnya melalui
email,twitter,facebook.
ICT mempunyai manfaat yang sangat
membantu manusia memperlancar pekerjaan,membuat nyaman seseorang dalam
mengakses segala informasi. Contohnya, seseorang ingin mengetahui,mengenal
budaya dari daerah lain,atau bahkan Negara lain. Orang tersebut tidak perlu
pergi langsung menuju daerah tersebut, ia hanya perlu membuka internet,kemudian
mengetikan keyword,tunggu sebentar,dan ia pun langsung mendapatkan apa yang
diinginkannya.
Walaupun ICT mempunyai banyak
manfaat,tentu ada pula kelamahan atau sisi buruk yang ditimbulkan. Kita ambil
contoh internet, melalui internet semua informasi, baik itu informasi yang baik
ataupun buruk semua tersedia. Oleh karena itu kita harus pintar untuk memilah
mana informasi yang baik,mana informasi yang buruk. Apalagi anak- anak,mereka
harus di awasi dalam penggunaan internet, terkadang karena rasa penasaran yang
mereka miliki,mereka akhirnya membuka webweb yang seharusnya tidak ditonton
oleh anak seusia mereka. Hal inilah yang menyebabkan dijumpainya tindak
criminal,pornografi yang dilaukan oleh anak-anak di bawah umur.
Ini merupakan tugas dan PR kita
bersama, bagaimana memasyarakatkan ICT untuk mempermudah kehidupan,tapi juga
harus mengantisapasi penyalahgunaan ICT yang akan berakibat buruk,
0 komentar:
Posting Komentar